Sabtu, 11 Mei 2019

Tugas 2: Vclass Matakuliah Internet Of Thing

Sistem Operasi

Soal Pre test sistem operasi :
  1. Jelaskan apa yang kamu ketahui tentang sistem operasi!
  2. Sebutkan macam-macam sistem operasi yang biasa digunakan dalam komputer!
Jawaban :
  1. Sistem Operasi adalah perangkat lunak sistem yang mengatur sumber daya dari perangkat keras(Hardware) dan perangkat lunak(Software), serta sebagai jurik (daemon) untuk program komputer. Tanpa sistem operasi, pengguna tidak dapat menjalankan program aplikasi pada komputer mereka, kecuali program booting. Sistem operasi mempunyai penjadwalan yang sistematis mencakup perhitungan penggunaan memori, pemrosesan data, penyimpanan data, dan sumber daya lainnya. Contoh sistem operasi modern adalah Linux, Android, iOS, Mac OS X, dan Microsoft Windows.
  2. Sistem operasi yang biasa digunakan pada computer diantaranya adalah sebagai berikut :
  • Sistem Operasi DOS (Disk Operating System)
  • Sistem Operasi Windows
  • Sistem Operasi MAC OS
  • Sistem Operasi Linux
  • Sistem Operasi Unix
  • Sistem Operasi Amiga
  • Sistem Operasi Garuda OS
  • Sistem Operasi BlankOn
  • Sistem Operasi Be OS
  • Sun Salaris OS
Post test sistem operasi:
  1. Jelaskan peran sistem operasi dalam IoT!
  2. Jelaskan cara kerja sistem operasi dalam IoT!
Jawaban :
  1. Peranan sebuah sistem operasi dalam sebuah perangkat yang berbasis iot sangatlah penting. Sistem operasi dapat digunakan untuk mengatur sumber daya perangkat keras iot dan perangkat lunaknya. Tanpa adanya sistem operasi sebuah perangkat iot tidak akan bisa digunakan. Sistem operasi bisa juga disebut sebagai nyawa dari sebuah perangkat iot.
  2. Sistem operasi yang biasa digunakan pada sebuah perangkat iot sangat lah beragam, diataranya yaitu RIOT OS. Cara kerja dari RIOT OS yaitu : RIOT didasarkan pada arsitektur microkernel. Berbeda dengan sistem operasi lain dengan penggunaan memori yang hampir sama (seperti TinyOS atau Contiki), RIOT memungkinkan pemrograman aplikasi dengan bahasa pemrograman C dan C ++, dan menyediakan kemampuan multithreading dan real-time penuh. Ini didukung oleh perpustakaan populer SSL / TLS seperti wolfSSL. RIOT berjalan pada prosesor 8-bit (seperti AVR Atmega), 16-bit (seperti TI MSP430) dan 32-bit (seperti ARM Cortex). Port asli juga memungkinkan RIOT untuk dijalankan sebagai proses Linux atau macOS, memungkinkan penggunaan pengembangan standar dan alat debugging seperti GNU Compiler Collection (GCC), GNU Debugger, Valgrind, Wireshark, dll. sesuai. RIOT menyediakan banyak tumpukan jaringan, termasuk IPv6, 6LoWPAN, atau Content centric networking dan protokol standar seperti RPL, [7] User Datagram Protocol (UDP), Protokol Kontrol Transmisi (TCP), dan CoAP.

SUMBER :









Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan agan - agan semua.