Jumat, 03 Mei 2019

Tugas 1: Vclass Mata Kuliah Internet Of Thing

AKUISISI DATA

Akuisisi data merupakan sistem yang digunakan untuk mengambil, mengumpulkan dan menyiapkan data yang sedang berjalan, kemudian data tersebut diolah lebih lanjut dalam komputer untuk keperluan tertentu.

Ø Soal Pre test akuisisi data:
  1. Jelaskan peranan sensor dalam mendeteksi masukan yang berasal dari kondisi lingkungan sekitar untuk diproses dan outputnya ditampilkan melakui akses internet!
  2. Sebutkan hal-hal apa saja yang mempengaruhi sensor dalam mendeteksi kondisi lingkungan sekitar!
Ø Jawaban :
  1. Peranan sensor dalam mendeteksi masukan yang berasal dari kondisi lingkungan sekitar untuk diproses yaitu untuk mengkoversi variable-variable fisik menjadi sinyal-sinyal listrik yang kemudian dikonversi lebih lanjut menjadi bentuk digital untuk diproses dan dianalisis komputer. Terdapat empat bagian utama dari sistem instrumentasi yaitu sensor, pengkondisian sinyal, pemrosesan data dan penampil. Agar pengambilan data dari sensor berjalan baik, perlu dilakukan pemilihan sensor yang tepat dengan kebutuhan. Setiap sensor memiliki kepekaan yang berbeda terhadap spektrum elektromagnetik dan dalam merekam objek terkecil yang masih dapat dikenali dan dibedakan terhadap objek lain atau lingkungan sekitarnya. Semakin kecil objek yang dapat direkam oleh sensor, semakin baik kualitas sensor tersebut. Selain itu sensor digunakan untuk mengumpulkan data-data dari lingkungan sekitarnya. Sensor, atau yang sering disebut “things” dalam sistem IoT, membentuk ujung depan (front end) dari sistem. Sensor-sensor ini terhubung, baik secara langsung maupun tidak langsung, ke jaringan IoT, setelah konversi dan pemrosesan sinyal. Namun, semua sensor tidak sama dan berbeda aplikasi IoT-nya, maka beda pula jenis sensor yang digunakan. Sebagai contoh, sensor digital, secara langsung dan mudah untuk berinteraksi dengan mikrokontroler menggunakan bus Serial Peripheral Interface (SPI). Tetapi untuk sensor analog, baik analog-to-digital converter (ADC) atau modulator Sigma-Delta, harus dipakai untuk mengubah data menjadi outputSPI.
  2. Hal-hal yang mempengaruhi sensor dalam mendeteksi kondisi lingkungan sekitar :
a. Besaran/parameter fisik apa yang akan dipantau dari objek/lingkungan sekitar.
b. Prinsip kerja sensor mana yang paling efektif dipakai sesuai dengan aplikasinya.
c. Berapa jangkauan/kisaran ketelitian data yang akan dibaca oleh sensor, untuk selanjutnya dikirimkan ke jaringan IoT.


Ø Soal Post test akuisisi data:
  1. Jelaskan peranan akuisisi data dalam IoT!
  2. Jelaskan cara kerja dari akuisisi data!
Ø Jawaban :
  1. Dalam sebuah sistem IoT, akuisisi data memiliki peranan yang sangat penting karena dengan akuisisi data inilah sebuah alat dapat mengambil data dari lingkungan sekitar kemudian diproses dan akan ditampilkan melalui perangkat computer.
  2. Cara kerja akuisisi data yaitu :
Setiap alat pengujian biasanya menggunakan komputer untuk membaca data pengujian mulai dari awal sampai akhir. Proses untuk menganalisa data pengujian ini menggunakan suatu system yang disebut data akuisisi (data acquisistion system/DAQ). Sistem akuisisi data ini merupakan konversi bentuk gelombang analog menjadi sebuah nilai digital yang nantinya bisa diproses.
Data akusisi ini tentunya melibatkan beberapa komponen seperti sensor untuk mengukur parameter fisik yang nantinya akan dikonversi menjadi sinyal listrik. Sirkuit untuk mengkondisikan sinyal yang berfungsi untuk mengubah sinyal sensor supaya dapat dikonversi menjadi nilai digital. Sedangkan program software yang berfungsi untuk mengendalikan akuisisi data ini menggunakan bahasa pemograman umum seperti BASIC, C, Fortran, Java, Lisp, dan Pascal.
Sedangkan program pada perangkat keras yang digunakan untuk akuisisi data menggunakan COMEDI. Applikasi open source API ini bertujuan untuk mengakses dan mengontrol segala aktifitas pada data akuisisi. Dengan menggunakan applikasi COMEDI ini maka anda bisa menjalankan program yang sama walaupun berbeda system operasi seperti windows dan linux.
Data akuisisi merupakan bentuk pengukuran dari suatu objek seperti intensitas cahaya, suhu, tekanan gas, gaya, dan lainnya. Semua hal tersebut bisa didapat dari sensor yang dipasang pada saat melakukan pengujian atau testing.
Sistem kerjanya, sensor yang dipasang pada saat pengujian akan mendeteksi objek yang diukur. Hasil deteksi inilah yang nantinya akan diubah menjadi sebuah sinyal listrik. Kemudian, sinyal listrik ini akan diubah menjadi bentuk tegangan dan dikonversi menjadi bentuk digital menggunakan converter analog digital (ADC).
Berikut adalah gambar dari cara kerja akuisisi data :
Cara Kerja Akuisisi Data



sumber :






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan agan - agan semua.