Kamis, 27 Juni 2019

Tugas 4: Vclass Mata Kuliah Internet of Thing

EMBEDDED SYSTEM

SOAL :
  1. Jelaskan peranan embedded system dalam IoT !
  2. Berikan contoh penggunaan embedded system dalam IoT !
JAWABAN:
 
1. Peranan embedded system dalam IoT, yaitu:
INTERNET OF THINGS
Internet of Things (IoT), sebuah istilah yang belakangan ini mulai ramai ditemui namun masih banyak yang belum mengerti arti dari istilah ini. Sebetulnya hingga saat ini belum ada pengertian atau definisi standar mengenai Internet of Things, namun secara singkat Internet of Things bisa dibilang adalah di mana benda-benda di sekitar kita dapat berkomunikasi antara satu sama lain melalui sebuah jaringan seperti internet.
Ide awal Internet of Things pertama kali dimunculkan oleh Kevin Ashton pada tahun 1999 di salah satu presentasinya. Kini banyak perusahaan besar mulai mendalami Internet of Things sebut saja Intel, Microsoft, Oracle, dan banyak lainnya.
Banyak yang memprediksi bahwa pengaruh Internet of Things adalah “the next big thing” di dunia teknologi informasi, hal ini karena IoT menawarkan banyak potensi yang bisa digali. Contoh sederhana manfaat dan implementasi dari Internet of Things misalnya adalah kulkas yang dapat memberitahukan kepada pemiliknya via SMS atau email tentang makanan dan minuman apa saja yang sudah habis dan harus distok lagi.
Bagi pengembang, kini banyak perusahaan yang menyediakan berbagai macam program untuk membantu pengembang dalam mengembangkan produk berbasis IoT. Salah satu yang menyediakan program ini adalah Intel dengan IoT Developer Program mereka.
PENGERTIAN EMBEDDED SYSTEM
Embedded system atau sistem tertanam merupakan sistem komputer khusus yang dirancang untuk menjalankan tugas tertentu dan biasanya sistem tersebut tertanam dalam satu kesatuan sistem. Sistem ini menjadi bagian dari keseluruhan sistem yang terdiri atas mekanik dan perangkat keras lainnya. Bidang embedded system mencakup penguasaan perangkat keras (hardware). Sistem embedded merupakan sebuah sistem (rangkaian elektronika) digital yang merupakan bagian dari sebuah sistem yang lebih besar, yang biasanya bukan berupa sistem elektronika. Kata embedded menunjukkan bagian yang tidak dapat berdiri sendiri. Berbeda dengan sistem digital yang didesain untuk general purpose. Embedded system biasanya diimplementasikan dengan menggunakan mikrokontroler, sistem embedded dapat memberikan respon yang sifatnya real time dan banyak digunakan pada peralatan digital, seperti jam tangan.Embedded system adalah sistem dengan ciri-ciri sebagai berikut :
  1. Mempunyai computing power. Dengan kata lain dilengkapi dengan sebuah processor
  2. Bekerja di lingkungan luar ruangan IT. Jadi kemungkinan besar tidak dilengkapi dengan AC dan menghadapi gangguan dari luar seperti getaran dan debu.
  3. Memiliki tugas yang spesifik. Beda dengan PC atau Server yang relatif lebih multi purpose.
2. Contoh penggunaan embedded system dalam IoT yaitu :
Pemantauan Jarak Jauh Pemantauan jarak jauh adalah salah satu jenis internet of things yang paling sering ditemukan. Caranya adalah dengan meletakkan sensor pada suatu benda yang ingin kita pantau, dan sensor tersebut kita koneksikan dengan internet. Dengan demikian, kita dapat memperoleh apa saja yang kita butuhkan dari sensor, dan memantaunya dari jarak jauh dengan jaringan internet, bahkan bisa langsung kita pantau dari handphone kita. Salah satu contohnya adalah FedEx’s SenseAware yang memungkinkan kita untuk memantau barang yang kita kirim sudah sampai mana dan bagaimana kondisinya. Kita hanya perlu meletakkan perangkat ini ke dalam paket yang akan kita kirim. Perangkat ini meliputi sensor Global Positioning System (GPS), sensor temperatur, sensor cahaya, sensor kelembaban, dan sensor tekanan udara, yang dapat memberikan kita data secara spesifik bagaimana kondisi paket yang sedang kita kirim. Perangkat ini tentu sangat bermanfaat untuk perusahaan yang memiliki supply chain yang panjang dan kompleks.



SUMBER :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan agan - agan semua.